Save Prambanan

Home » Informasi » Latar Belakang dan Tujuan Sayembara

Latar Belakang dan Tujuan Sayembara

Categories

Apa dasar pemikiran gagasan pembangunan hotel konvensi di kawasan pusaka Prambanan?

  • Optimalisasi Kawasan Candi Prambanan bagi pengembangan ekonomi yang berbasis kekuatan nilai-nilai budaya yang ada, untuk mendorong pengembangan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.
  • Perlunya pembangunan sejumlah fasilitas yang menunjang kegiatan pariwisata di kawasan Candi Prambanan sebagai salah satu pusat perkembangan kepariwisataan yang berskala nasional maupun internasional.

Apa latar belakang gagasan penyelenggaraan sayembara konsep desain hotel di kawasan pusaka Prambanan ini?

Sesuai dengan PP No.26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) bahwa Pemerintah telah menetapkan Kawasan Candi Prambanan sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN).

Kawasan strategis nasional adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial, budaya, dan/atau lingkungan, termasuk wilayah yang ditetapkan sebagai warisan dunia. (PP No.26 Tahun 2008 Bab I, Pasal 1 Butir 17)

Penetapan Kawasan Prambanan sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN), bermakna bahwa Candi Prambanan dan sekitarnya sebagai suatu kawasan memiliki nilai strategis secara nasional. Nilai strategis Candi Prambanan terutama terkait dengan pelestarian aspek budaya, yang dapat dioptimalkan bagi pengembangan pendidikan dan pengetahuan serta pengembangan ekonomi yang berbasis nilai-nilai budaya yang ada untuk mendorong pengembangan wilayah maupunpeningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Apa maksud dan tujuan penyelenggaraan sayembara konsep desain arsitektur hotel konvensi ini?

  • Memberikan nilai tambah bagi lingkungan sekitar dan menjadikan fasilitas baru sebagai suatu magnet bagi kawasan candi Prambanan sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan wisata dan peningkatan lama tinggal bagi para wisatawan.
  • Memperkuat upaya peningkatan keterpaduan tata guna lahan kawasan Candi Prambanan serkaligus sebagai pengendalian pemanfaatan sumberdaya alam yang ada dan usaha pelestariannya.
  • Mendorong pengembangan wilayah melalui pengembangan fasilitas pendukung pariwisata karena adanya obyek wisata yang bertaraf internasional, yaitu dengan adanya Candi Prambanan dan candi lainnya yang terkait.

Dikutip dari KAK Sayembara Prambanan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: