Save Prambanan

Home » Tanggapan Publik » IAAI Kurang Gencar Lakukan Advokasi untuk Lindungi Situs Arkeologi

IAAI Kurang Gencar Lakukan Advokasi untuk Lindungi Situs Arkeologi

Categories

Tanggapan Timbul Manurung (praktisi urban design)

Prof. Mundardjito (Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia) mengutip Majalah Tempo April 2013, “Kita Butuh Gerakan Publik Untuk Arkeologi”… beliau menganggap Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) kurang gencar melakukan advokasi untuk melindungi situs-situs arkeologi yang terancam penjarahan ataupun perusakan. Beliau adalah sosok yang ditinggalkan para arkeolog lain di Indonesia untuk menentang keras pembangunan Pusat Informasi Majapahit (PIM), Trowulan saat itu. Beruntung pada saat itu ada Prof. Inajati Adrisijanti (guru besar Arkeologi Universitas Gadjah Mada) bersama para mahasiswanya yang menentang pembangunan PIM, walaupun saat itu sudah ada Masterplan tentang PIM.

..dan Maaf, walaupun pada saat itu teman-teman Magister Desain Kawasan Binaan Universitas Gajdah Mada (MDKB UGM) dikaburkan dengan penataan Kawasan Prambanan dan Kraton Ratu Boko pada studio 3 (2009). Namun, tetap ada gugahan moral untuk melihat situs dan benda cagar budaya, yang sering sekali saya kunjungi dan dokumentasikan, agar tetap lestari keberadannya untuk generasi selanjutnya.

SAVE PRAMBANAN & RATU BOKO!


1 Comment

  1. Karmani says:

    Bung Timbul, utk Prambanan ini malangnya Wamen Kebudayaan Dr. Windu – Ir arsitek UGM, Dr pariwisata, yg juga Komisaris Utama PT Taman – justru menjadi Ketua Dewan Juri-nya. Tampaknya teman-2 UGM perlu juga mengingatkan alumni-nya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: